Sesuai dengan surat edaran pemrov Jawa Tengah nomer 420/0011645 tertanggal 25 Agustus 2021 tentang penyenggaraan kegiatan belajar mengajar tahun pelajaran 2021/2022 pada satuan pendidikan dalam rangka pengendalian penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) di Jawa Tengah. Serta ditetapkannya kota Pekalongan pada PPKM level 2, maka SMA 1 Pekalongan ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Selain itu seusai dan surat edaran pemprov Jawa Tengah, SMANSA telah melaksanakan simulasi Pembelajaran Tatap Muka dua kali sebelum terbitnya surat edara ini sehingga SMANSA berkesempatan melaksanakan PTM terbatas.

Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ini maksudnya adalah kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan oleh satuan pendidikan namun belum boleh dilaksanakan oleh semua kelas, sehingga kegiatan PTM di SMA 1 Pekalongan ini akan dilaksanakan secara bertahap seusai jenjang kelas dimana pada minggu pertama PTM Terbatas ini akan digunakan oleh siswa kelas X yang akan hadir ke sekolah melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas kemudian dilanjutkan oleh kelas XII pada minggu berikutnya sesuai jadwal yang telah dibuat oleh pihak sekolah dibawah ini :

  • Kelas X : melaksanakan PTM terbatas pada tanggal 1 s.d 7 September 2021
  • Kelas XII : melaksanakan PTM terbatas pada tanggal 8 s.d 14 September 2021.

Berkaitan dengan pelaksanaan PTM terbatas ini maka kegiatan PHB (Penilaian Harian Bersama) atau yang dulu lebih dikenal dengan nama Ulangan Tengah Semester (UAS) yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 7 September 2021 diundur pelaksanaannya ke tanggal 15 s.d 24 September 2021. PHB tetap dilaksanakan secara daring melalui aplikasi SIM TOP SMANSA seperti pada kegaitan PHB dan PAS sebelum-sebelumnya. Bagi kelas X sebelum PHB dimulai akan dilaksanakan uji coba aplikasi SIM TOP SMANSA terlebih dahulu karena bagi kelas X ini termasuk aplikasi baru yang digunakan mereka setelah mereka resmi menjadi siswa SMANSA.

Adapun jadwal pelajaran yang akan digunakan selama PTM adalah sebagai berikut :

Untuk pelaksanaan PTM terbatas ini sekolah telah menyiapkan 18 ruang kelas yang akan digunakan oleh 9 kelas sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak kurikulum. Setiap ruangan kelas yang akan digunakan selama PTM terbatas diisi maksimal 18 siswa dengan kursi dan meja yang telah ditata sedemikian rupa. Selain itu disetiap ruang kelas juga telah disediakan perangkat audio visual guna menunjang kegiatan PTM terbatas ini. Satu guru nantinya akan mengajar 2 ruang kelas sekaligus dimana pada setiap ruang kelas ini telah terhubung oleh pintu dan juga dilengkapi audio visual guna memperjelas penjelasan guru selama melaksanakan kegaitan PTM terbatas ini. Untuk selengkapnya dapat disaksikan pada video simulasi PTM di bawah ini

Kami juga telah melaksanakan sosialisasi kepada wali murid kelas X tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas ini, baik melalui grup parenting yang ada di masing-masing kelas maupun secara langsung dengan mengundang wali murid datang ke sekolah pada hari ini selasa 31 Agustus 2021.

Untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan kegaitan PTM terbatas ini SMANA juga telah menyiapkan diri dengan melengkapi kembali kelengkapan seperti handsanitizer di masing-masing kelas, sabun cuci tangan di masing-masing wastafel, menyemprot disinfektan sebelum dan sesudah PTM berlangsung, serta menyiapkan tim guna mengatur ketertiban selama PTM terbatas berlangsung.

Semoga pelaksanaan PTM terbatas ini berjalan lancar sehingga kemudian kita bisa melaksanakan kembali kegiatan pembelajaran tatap muka seperti sebelum covid melanda Indonesia.

 Untuk seragam yang akan digunakan selama PTM terbatas ini adalah sebagai berikut :

Bagi siswa kelas X yang belum memiliki seragam sesuai pada hari pembelajaran dapat mengenakan seragam SMP sesuai dengan harinya.

Previous post Memilih Eskul Sesuai Bakat & Minat Kamu
Next post Pelaksanaan PTM Terbatas di SMANSA

Tinggalkan Komentar

Exit mobile version