Site icon SMA 1 PEKALONGAN

Welcome Back To School, Akhirnya SMANSA 100% KBM Tatap Muka

www.ngopot.com

Akhirnya yang ditunggu-tunggu oleh semua siswa, bapak-ibu guru serta orang tua wali murid selama pandemi bisa dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2021-2022 ini, yaitu kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah yang dihadiri oleh 100% siswa. Itu artinya untuk pembelajaran yang akan dilaksanakan mulai hari ini, Senin, 10 Januari 2022 adalah tatap muka di sekolah dengan dihadiri oleh 100% siswa tanpa pembelajaran dari lagi. Hal ini sesuai dengan Keputusan Bersama 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 yang tertulis di website kemdikbud.go.id, poin 1a, bahwa Satuan pendidikan yang berada pada PPKM level 1 atau PPKM level 2, dilaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas, dengen ketentuan satuan pendidikan dengan capaian vaksinasi dosis 2 pada pendidik dan tenaga kependidikan di atas 80% (delapan puluh persen) dan capaian vaksinasi dosis 2 pada warga masyarakat lansia di atas 5O% dan peserta didik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di tingkat kabupaten/kota, pembelajaran tatap muka dilaksanakan:

(1) Setiap hari;
(2) Jumlah peserta didik 100% (seratus persen) dari kapasitas ruang kelas; dan
(3) Lama belajar paling banyak 6 (enam) jam pelajaran per hari.

Karena SMA 1 Pekalongan sudah memenuhi kriteria poin 1a tersebut, maka kegiatan pembelajaran di SMANSA bisa dilaksanakan secara terbatas dan dihadiri oleh 100% siswa.

Meskipun pembelajaran sudah bisa diikuti oleh 100% siswa namun jam pelajaran masih belum bisa seperti semula sebelum pandemi menyerang. Sesuai dengan panduan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas terbaru yang disetujui oleh 4 menteri, maka jam pelajaran dalam sehari maksimal adalah 6 jam pelajaran yang setiap jam pelajarannya 30 menit. Adapun untuk pembagian jam pelajaran sudah diatur sedemikian rupa oleh tim Kurikulum sehingga kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Aturan lain selama masa pandemi juga masih berlaku, yaitu siswa yang datang ke sekolah harus mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, membawa handsanitizer sendiri dan menjaga jarak selalu. Siswa juga diperbolehkan membawa bekal minum dan makan/snack karena selama PTM terbatas 100% ini kantin sekolah belum buka seperti sediakala.

Kita semua berdoa dan berharap semoga kegiatan pembelajaran tatap muka ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar sehingga dapat dilaksanakan seterusnya, aamiin.

Exit mobile version