Site icon SMA 1 PEKALONGAN

Gelar Karya 1000 Puisi di SMA Negeri 1 Pekalongan

Bulan Oktober dijadikan Bulan Bahasa dan Sastra. Mula-mula, namanya “Bulan Bahasa”, yang diadakan sejak tahun 1980-an. Lantas pada 1989 program itu berkembang menjadi Bulan Bahasa dan Sastra, karena ada usulan yang menyatakan bahwa berbicara tentang bahasa tak bisa dilepaskan dari sastra. Nah, alasan Oktober dipilih sebagai Bulan Bahasa dan Sastra merujuk pada sejarah bangsa, tepatnya 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Dalam memperingati Bulan Bahasa dan Sastra 2022 sekaligus  untuk memperingati 94 tahun Sumpah Pemuda SMA Negeri 1 Pekalongan melaksanakan Lomba Karya Cipta Puisi. Puisi adalah bagian dari karya sastra, bait-bait nya begitu indah dan memesona, membuat para penikmat sastra yterus menikmati setiap kata di setiap baitnya. itulah mengapa pencipta puisi merupakan pujangga yang pandai memainkan keindahan berbahasa.

Tujuan kegiatan lomba karya cipta puisi ini diantaranya adalah :

Lomba Karya Cipta Puisi ini diikuti oleh semua siswa kelas X, XIdan XII. Tema dalam karya cipta puisi untuk masing-masing rombel berbeda, yaitu  kelas x mengambil tema  Nilai-Nilai Karakter Pancasila, kelas xi tema Lingkungan dan kelas xii  tema Budaya.

Pemenang Lomba Karya Cipta Puisi tersebut adalah:

Kategori kelas X tema Nilai-nilai Karakter Pancasila 

Kategori kelas XI tema Lingkungan

Kategori kelas xii tema Budaya 

Tepat pada hari ini 28 Oktober 2022 kami menggelar 1000 puisi karya dari semua siswa dan bapak/ibu guru yang ikut berpartisipasi dalam mencipta karya puisinya . Demikian kami sampaikan kegiatan dalam rangka memperingati HAri Sumpah Pemuda sekaligus menyambut Bulan Bahasa di SMA Negeri 1 Pekalongan.

Ditulis oleh Waka Kurikulum (Ibu Sakinah)

Exit mobile version