Site icon SMA 1 PEKALONGAN

Bersatu Kita Maju di Hari Sumpah Pemuda ke-91

Bersatu Kita Maju adalah tema hari sumpah pemuda ke-91 tahun 2019 ini yang dicanangkan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Begitula kiranya sedikit kutipan pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga dalam sambutan peringatan hari Sumpah Pemuda yang dibacakan oleh Kepala Sekolah SMANSA pagi ini di hadapan semua warga SMANSA.

Pagi ini keluarga besar SMA 1 Pekalongan mengadakan kegaitan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-91 tahun. Kegiatan upacara yang diikuti oleh semua siswa, guru dan staf Tata Usaha ini berlangung degan hikmat dan lancar. Pada upacara pagi ini kepala sekolah membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia di hadapan semua warga SMANSA.

Dalam sambutanya, Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga kita yang baru resmi dilantik hari rabu 23 Oktober 2019 lalu menyampaikan pengharagaan setinggi-tingginya kepada tokoh pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor Pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Selain itu melalui sambutan yang dibacakan oleh bapak Kepala sekolah juga disampaikan bahwa pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Diakhir upacara juga dilaksanakan pemberihan hadiah kepada para pemenang lomba literasi sekolah yang telah dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2019 lalu serta lomba kebersihan kelas yang berhadian piagam, piala serta uang pembinaan yang diberikan langsung oleh bapak kepala sekolah. Harapanya dengan lomba-lomba yang telah dilaksanakan baik itu lomba literasi sekolah maupun lomba kebersihan kelas dapat memberikan motivasi yang positif bagi semua  siswa SMANSA untuk terus menjaga kebiasaan baik yang ada di SMA 1 Pekalongan.

Exit mobile version